Sifat Perencanaan Strategis

Sebelum mendirikan suatu perusahaan wirausahawan rnenyusun perencanaan. Meskipun dernikian perencanaan yang dibuat seringkali cenderung informal dan tidak sisternatis. Kebutuhan yang sesungguhnya untuk perencanaan yang sistematis bervariasi sesuai dengan sifat ukuran, dan struktur perusahaan. Sebuah perusahaan yang dioperasikan oleh beberapa orang rnungkin dapat berhasil dengan menggunakan perencanaan informal yang. sederhana karena tidak banyak problem yang dihadapi. Tetapi ketika perusahaan berkembang dengan cepat, jurnlah personel dan operasi pasar perlu ditingkatkan, pada aat itu peru ahaan mernerlukan perencanaan forrmal karena kompleksitas menjadi lebih besar.

Beberapa alasan lain menyebabkan wirausahaw an perlu mengubah perencanaan infomal menjadi formal sistematis. Pertama, tingkat ketidakpastian mernbagnkitkan upaya mempertahankan keberadaan dan perkembangan perusahaan. Dengan tingkat ketidakpastian yang lebih besar, wirausahawan rnernpunyai tingkat kebutuhan yang lebih besar daripada upaya perencanaan yang lebih formal dalam rnengantisipasi tantangan yang dihadapi perusahaan.. Kedua, kekuatan persaingan bagi perusahaan baru akan meningkatkan makna perencanaan yang lebih sisternatis agar dapat rnemantau operasi dan tujuan perusahaan dengan lebih pasti. Ketiga berbagai jenis pengalarnan wirausahawan dapat rnenjadi faktor dalarn menentukan arti perencanaan formal.

Perencanaan formal dibedakan dalam dua bentuk: ; strategis dan operasional. Perencanaan strategis berbicara tentang langkah-langkah antisipasi dalam menentukan arah perusahaan di masa depan. Perencanaan strategis banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya kemampuan wirausahawan, kerumitan perusahaan, dan sifat industry. Meskipun demikian, dalam situasi tertentu perencanaan strategis harus mengikuti lima tahapan dasar yang meliputi (1) memahami perusahaan, (2) menentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang, (3) menentukan tindakan alternative, (4) mengimplementasikan rencana tindakan, dan (5) menganalisis hasil dan melakukan tindakah langkah selanjutnya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*